Minggu, 29 Desember 2013

Rahasia Sukses Kampanye Online Obama Yang Bisa Anda Terapkan Pada Pemilu 2014

 

by Rusdianto 

Strategi kampanye pemilu 2014
Tiap kali saya mengunjungi website politisi & parpol peserta pemilu 2014, saya menemukan satu kesalahan yang sama. Kesalahan besar.
…Jika itu juga terjadi pada website parpol/caleg Anda, maka website Anda dapat ‘menyabotase’ tujuan kampanye online Anda sendiri.
Namun Anda bisa menghindari kesalahan tersebut, jika Anda bersedia melakukan sedikit perubahan.
Tapi sebelumnya, mari kita lihat apa kesalahan besar tersebut.

Kesalahan Besar Jika Desain Website Anda Tidak Mencerminkan Tujuan Kampanye Anda

Bagaimana cara mengetahui Anda telah melakukan kesalahan ini ?
Pertanyaan bagus.
Kesalahan itu terlihat, ketika desain website Anda tidak bisa menjelaskan apa sebenarnya yang Anda inginkan dari pengunjung.
Desain website Anda akan tampak seperti ini :
Terdapat puluhan menu yang tersebar di sekujur bar navigasi dan sidebar Anda…
Sepuluh ikon social media, tweet feed, daftar 10 kategori, 10 komentar terakhir, 10 artikel terbaru, dan….. (Anda bisa menambahkannya sendiri).
Ketika Anda menampilkan sebuah link, itu artinya Anda menginginkan pengunjung klik pada link tersebut.
Sekarang pertanyaannya, apakah itu yang Anda inginkan ? Meminta pengunjung meng-klik puluhan link ?
….Atau, Anda hanya menampilkan link menu yang akan mengantar Anda mencapai tujuan kampanye yang telah ditetapkan….Kemudian Anda menghapus sisanya, agar pengunjung tidak mengalihkan perhatiannya dari apa yang Anda inginkan.
Baik, itu pertanyaan konyol. Tentu saja Anda ingin yang terakhir.
Tapi sebelum Anda memilih menu apa saja yang akan ditampilkan, Anda mesti menentukan tujuan kampanye yang ingin Anda capai, bukan ?
Saya akan menunjukkan caranya kepada Anda.
…Karena manusia lebih cepat memahami lewat contoh, maka saya akan mengambil contoh sebuah ‘website kandidat’ terbaik yang pernah ada hingga hari ini.
Website milik Barrack Obama.

Rahasia Dibalik Desain Website Yang Memenangkan Obama Pada Pilpres AS 2012…

Saya mengikuti up date barackobama.com sepanjang pelaksanaan kampanye pilpres AS kemarin.
Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari kesuksesan kampanye Obama, namun yang paling mencolok yaitu, kejeniusan tim Obama mendesain website diatas prinsip ‘Desain mengikuti fungsi’.
Lihat secreenshot berikut ini.
(Catatan : screenshot dibawah merupakan tampilan website Obama saat kampanye pilpres AS 2012 berlansung. Desain itu telah mengalami perubahan setelah Obama dilantik menjadi presiden).strategi kampanye politik online Obama
Seperti Anda lihat, desain website Obama mencerminkan 3 fungsi utama sebuah website yang dimaksudkan untuk kampanye politik.
Desainer web Obama hanya menampilkan menu pada homepage yang bermanfaat untuk mencapai 3 tujuan kampanye mereka :.

1.  Menghimpun donasi (panah merah)

Menghimpun donasi, tidak bisa dipungkiri lagi, merupakan target utama dari website Obama.
Hal ini terlihat dari penempatan link donasi di 3 area paling strategis dalam sebuah website.
Dimulai dengan sebuah tombol tepat di kiri atas header.
(Menurut hasil riset eye-tracking, bagian kiri atas header merupakan area pertama yang dipindai mata pengunjung begitu mereka tiba di sebuah website).
Kedua, banner besar tepat dibawah tab navigasi yang menampilkan foto Obama dengan formulir 2 kolom plus tombol (CTA) untuk memberikan donasi.
Ketiga, sebuah tombol berwarna biru mencolok pada sidebar untuk pemberian donasi cepat $ 5.

2.  Merekrut relawan (panah hijau)

Tim Obama menampilkan 4 menu pada homepage mereka untuk menjaring relawan.
Pertama pada salah satu dari 3 tab navigasi tepat dibawah header. Jika pengunjung klik tab Get Involved, maka isinya akan terlihat seperti screenshot dibawah :
strategi pemilu 2014 a la ObamaTiga menu lainnya terdapat pada sidebar.
3.    Content marketing (panah kuning)
Tim Obama memanfaatkan konten sebagai alat pemasaran untuk mempengaruhi opini dan meraih simpati publik. Tidak tanggung-tanggung, mereka  memanfatkan semua varian konten kampanye mulai dari artikel, berita, blog post, foto sampai video.
Anda bisa melihatnya pada  3 menu pilihan bagi pengunjung untuk mengkonsumsi konten kampanye.
…Pada tab navigasi Get the Facts.
cara kampanye online untuk memenangkan pemilu 2014Pada tab navigasi Get the Latest
strategi pemenangan pemilu 2014 menggunakan media online…dan bergulir sedikit dibawah spanduk besar Obama, pengunjung lansung disuguhkan pada posting blog terbaru.
Kesederhanaan merupakan ciri mendasar dari website Obama.
Bar navigasi dan sidebar mereka bersih dari kekacauan menu dan widget yang tidak mendukung pencapaian 3 tujuan diatas.
Pada akhirnya, desain itu berdampak nyata pada perilaku pengunjung di website mereka, yaitu…..

Pengunjung tahu apa yang harus mereka lakukan di website Obama

Apa yang Anda tampilkan mencerminkan apa yang Anda inginkan dari pengunjung. Titik.
Ketika Anda berkunjung ke website Obama, Anda tahu tindakan apa yang harus Anda perbuat disana.
Tidak ada kebingungan.
Pilihan Anda hanya 3 : Memberikan donasi, menjadi relawan, atau mengkonsumsi konten kampanye mereka.
Tim Obama tidak menginginkan Anda mengambil tindakan diluar itu.
Trik pemasaran yang jenius, benar ? Tak heran jika kampanye online mereka mengungguli Mitt Romney.
Konstituen tidak tahu keinginan mereka sampai Anda menunjukannya kepada mereka. –> Click to tweet
Bagaimana, tertarik mengadopsi strategi Obama kedalam desain website kandidat Anda ?
(Baca juga artikel : Kesalahan Terbesar Atribut Kampanye Caleg, Hingga Pemilih Mengabaikannya)

Kesederhanaan adalah kuncinya

Ingat ini, setiap kali Anda menambahkan sebuah menu, Anda berpotensi mengalihkan perhatian pengujung dari mengambil tindakan yang Anda inginkan…
Tidak peduli bagaimana model desain website Anda, prinsip ‘desain mengikuti fungsi’ tetap berlaku.
Jadi pilih menu untuk ditampilkan, hanya yang betul-betul mendukung pencapaian tujuan kampanye Anda…
..Lalu singkirkan sisanya.

Butuh bantuan lebih lanjut ?

Nah, sekarang Anda punya gambaran bagaimana mendesain website yang bertujuan sebagai alat kampanye politik.
Saatnya menghubungi kembali desainer web Anda untuk melakukan perubahan.
Jangan ragu tinggalkan pertanyaan pada kolom komentar untuk hal yang belum jelas….
PS Saya akan posting secara berkala teknik-teknik kampanye politik online sepanjang tahun 2013 ini. …Jadi pastikan Anda tidak ketinggalan posting berikutnya dengan berlangganan up date writepreneurs.com.
Caranya mudah. Cukup mendaftar alamat email Anda pada kotak pendaftaran dibawah.

0 komentar:

Posting Komentar