1. Bertukar
Tempat
URAIAN SINGKAT
Strategi
ini memungkinkan siswa untuk lebih mengenal. berbagi pendapat dan membahas
gagasan, nilai-nilai atau pemecahan masalah baru. Ini merupakan cara yang luar
biasa bagus untuk meningkatkan keterbukaan-diri atau bertukar pendapat secara
aktif.
PROSEDUR
1.
Berikan siswa satu buku
catatan merek apa saja. [Putuskan apakah aktivitasnya akan berjalan lebih baik
dengan membatasi siswa pada satu atau beberapa sumbang saran.]
2.
Mintalah mereka untuk
menulis pada buku catatan tersebut salah satu dari hal-hal berikut ini:
a.
Nilai-nilai yang mereka anut
b.
Pengalaman. yang mereka dapatkan belakangan ini.
c.
Gagasan. atau solusi kreatif atas persoalan yang anda kernukakan
d. Pertanyaan yang mereka miliki
tentang materi yang diajarkan di kelas
e.
Pendapat mereka tentang topik yang anda pilih.
f.
Fakta tentang mereka sendiri dan mata pelajaran di kelas.
3.
Perintahkan siswa untuk
melekatkan kertas catatan pada baju mereka dan berkeliling di sekitar ruang
kelas untuk saling membaca catatan mereka.
4.
Selanjutnya, perintahkan
siswa untuk kembali ke kelompok masing-masing dan merundingkan pertukaran
catatan satu sama lain. Pertukaran itu harus didasarkan pada keinginan untuk
memiliki nilal, pengalaman. gagasan, pertanyaan, pendapat atau fakta tertentu dalam
jangka pendek. Buatlah aturan bahwa semua pertukaran harus berlangsung
timbal-balik. Perintahkan siswa, untuk melakukan pertukaran sesering mungkin.
5.
Perintahkan siswa untuk
kembali ke tempat masing-masing dan berbagi pengalaman tentang pertukaran apa
yang telah dia lakukan dan apa sebabnya. (Misalnya, "Saya bertukar catatan
dengan Sally, yang isinya menjelaskan bahwa dia pemah mengunjungi Eropa Timur. Saya sungguh ingin
bepergian ke sana
karena saya memiliki leluhur dari Hungaria dan Ukraina.")
VARIASI
1.
Perintahkan siswa untuk membentuk sub kelompok, bukannya bertukar
catatan, dan suruhlah siswa mendiskusikan isi catatan mereka.
2.
Perintahkan siswa untuk menempelkan catatan mereka di tempat
terbuka (misalnya papan tulis, whiteboard. dsb) dan diskusikan persamaan dan
perbedaannya.
2. Siapa Saja yang
Ada di Kelas?
URAIAN SINGKAT
Akivitas pembuka yang terkenal ini merupakan
perburuan atau pencarian teman sekelas, bukannya pencarian benda. Perburuan ini
bisa dirancang dalam sejumlah cara dan untuk ukuran kelas apapun. Cara ini
membantu terbentuknya semangat tim dan memungkinkan adanya gerakan flslk
semenjak awal pelajaran.
PROSEDUR
1.
Susunlah 6 hingga 10 pernyataan deskriptif untuk melengkapi frase:
Carilah seseorang yang .
Sertakan pernyataan yang mengidentifikasi
informasi pribadi dan/atau isi kelas. Gunakan sebagian dari penggalan kalimat
awal Ini:
Carilah seseorang yang....
menyukal _____
mengetahui apa itu _____
menganggap bahwa _____
mahir dalam hal telah_____
termotlvasi oleh _____
percaya bahwa _____
belakangan ini telah membaca buku tentang_____
berpengalaman dengan ______
tidak menyukai ______
telah mempelajari_____
memlliki usul yang
balk untuk _____
memiliki sebuah ______
menginginkan atau tidak menginginkan_____
2.
Bagikan pernyataan tertulis itu kepada siswa dan beri-kan perintah
berikut ini:
Kegiatan ini tidak ubahnya perburuan
binatang, namun yang kalian
buru adalah orang, bukan binatang. Bila
saya katakan "mulai," berkelilinglah ke seputar ruangan kelas
untuk mencari siswa yang cocok dengan pernyataan-pernyataan tertulis yang kalian pegang. Kalian
bisa menggunakan masing-masing teman
untuk satu pernyataan yang cocok, sekalipun dia cocok dengan lebih dari satu pernyataan. Bila
kalian sudah menemukan yang cocok, tulislah nama depan teman kalian itu.
3.
Bila sebagian besar siswa
sudah selesai, perintahkan untuk menghentikan perburuan dan kembali ke tempat
duduk masing-masing.
4.
Anda mungkin perlu
menawarkan hadiah penghargaan kepada .siswa yang selesai paling duluan. Dan
yang lebih penting, surveilah masing-masing butir pernyataan semua siswa.
Perintahkan siswa untuk melakukan diskusi singkat tentang beberapa butir yang
mungkin dapat menstimulasi minat terhadap topik pelajaran.
VARIASI
1.
Hindarilah persaingan dengan cara mengalokaslkan cukup waktu bagi
semua siswa untuk menyelesalkan perburuan mereka.
2.
Perintahkan siswa untuk menemui
teman-temannya dan mencari tahu seberapa banyak kecocokan yang bisa didapatkan
oleh tiap siswa.
3. Resume Kelompok
URAIAN SINGKAT
Resume
biasanya menjelaskan hal-hal yang telah dicapai individu. Resume kelompok
merupakan cara menarik untuk membantu siswa lebih mengenal satu sama lain atau
melakukan semacam pembentukan tim yang anggotanya sudah saling mengenal. Aktivitas ini bisa sangat efektif jika resume itu sangat relevan dengan
materi pelajaran yang anda ajarkan.
PROSEDUR
1.
Bagilah kelas menjadi sejumlah kelompok beranggotakan 3 hingga 6
siswa.
2.
Katakan kepada siswa bahwa aktivitas ini akan menggali bakat
mereka dan merupakan pengalaman yang luar biasa.
3.
Katakan bahwa satu cara untuk mengenali dan membanggakan sumber
daya kelas adalah dengan membuat resume kelompok. (Anda mungkin perlu
menunjukkan tugas atau kontrak imajiner yang akan ditawarkan kepada kelas.)
4.
Berikan kertas koran dan spidol kepada kelompok untuk menunjukkan
resume mereka. Resume ini harus mencantumkan informasi yang membanggakan
kelompok secara keseluruhan, data-data berikut ini bisa disertakan di dalamnya:
Latar belakang pendidikan; sekolah yang sudah
dimasuki
Pengetahuan tentang isi mata pelajaran
Pengalaman bekerja
Posisi yang diduduki
Ketrampilan
Hobi, bakat, perjalanan, keluarga
Prestasi
5.
Perintahkan semua kelompok untuk rnenyajikan resume dan
memaparkan semua sumberdaya dalam keseluruhan kelompok. Berikut adalah resume
yang bisa dibuat oleh kelompok dalam pelajaran tulis-menulis bisnis:
|
VARIASI
1.
Untuk mempercepat kegiatari tersebut, berikan garis-garis besar
resume yang telah dipersiapkan yang isinya menyebutkan informasi apa saja yang
mesti dikumpulkan
2.
Perintahkan siswa untuk saling mewawancarai tentang kategori yang
anda sediakan, bukannya memlnta siswa menyusun resume sendiri.
4. Prediksi
URAIAN SINGKAT
Ini
merupakan cara menyenangkan guna membantu siswa lebih rnengenal satu sama lain.
Kegiatan ini juga merupakan eksperimen berkesan menarik.
PROSEDUR
1.
Bentuklah sub-sub kelompok beranggotakan 3 atau 4 siswa (yang
relatif kurang akrab satu sama lain).
2.
Katakan kepada siswa bahwa tugas mereka adalah memprediksi
bagaimana masing-masing siswa di dalam kelompok mereka akan menjawab pertanyaan
tertentu yang telah anda siapkan. Berikut ini adalah alternatif pertanyaannya:
1.
Jenis musik apakah yang kamu
sukai?
2.
Apa keglatan favoritmu di kala senggang?
3.
Berapa jamkah biasanya kamu
tidur malam?
4.
Berapa banyak saudara
kandung kamu, dan kamu ini anak keberapa?
5.
Di manakah kamu dibesarkan?
6.
Seperti apakah kamu waktu
kecil?
7.
Orang tuamu punya sikap keras ataukah lembut sih?
8.
Pekerjaan apa yang pemah
kamu punyai?
Catatan:
Pertanyaan lain bisa ditambahkan atau diku-rangi tergantung pada siswa di dalam kelas pelajaran anda.
3.
Perintahkan sub-sub kelompok untuk memulai dengan menyeleksi satu
orang sebagai "subyek" pertama. Desaklah anggota kelompok untuk
sedetail mungkin dalam memprediksi subyek itu. Katakan pada mereka untuk tidak
takut dalam melakukan prediksi secara blak-blakan! Ketika membuat dugaan,
perintahkan "subyek" untuk tidak memberikan indikasi tentang
ketepatan prediksi yang dilakukan terhadap dirinya. Ketika siswa yang lain
sudah menyelesaikan prediksi mereka tentang si "subyek". si
"subyek" kemudian harus mengemukakan jawaban atas pertanyaan tentang
dirinya.
4.
Perintahkan agar tiap anggota kelompok melakukan giliran menjadi
sasaran prediksi.
VARIASI
1.
Buatlah sejumlah pertanyaan yang mengharuskan siswa membuat
prediksi tentang pendapat dan keyakinan (bukannya informasi faktual)
masing-masing. Sebagai contoh, tanyakan: "Sifat apakah yang paling penting
untuk dimliki oleh seorang teman?
2.
Hilangkan prediksi. Sebagai gantinya, perintahkan siswa. satu demi
satu. untuk menjawab pertanyaan itu segera. Kemudian, perintahkan tiap anggota
sub kelompok untuk mengemukakan fakta-fakta apa saja—tentang sesama siswa—yang
"mengejutkan" mereka (berdasarkan kesan pertama).
5. Iklan
Televisi
URAIAN SINGKAT
Ini
merupakan kegiatan pembukan yang baik bagi siswa yang telah mengenal satu sama
lain. Aktivitas ini dapat memunculkan semangat tim dengan cepat.
PROSEDUR
1.
Bagilah siswa menjadi sejumlah tim beranggotakan tidak lebih dart
6 orang.
2.
Perintahkan tirn-tim tersebut untuk membuat Iklan tv tiga puluh detik
yang menawarkan rnata pelajaran— menekankan. misalnya. nilai gunanya bagi
mereka (atau bahkan bagi dunia!), tokoh-tokoh terkenal yang terkait dengan
materi pelajaran ini, dan sebagainya.
3.
Iklan tersebut harus berisi
slogan (misalnya.. "Dengan Ilmu Kimia, Hidup Menjadi Lebih Baik") dan
media visual (misalnya, produk kimia terkenal).
4.
Jelaskan bahwa dengan
membuat konsep umum dan garis-garis besar ikian saja sudah cukup. Namun jika
sebuah tim ingin memperagakan ikiannya. itu boleh-boleh saja.
5.
Sebelum masing-masing tim
mulai merencanakan ikiannya, diskusikan karakteristik dari beberapa ikian yang
belakangan sedang terkenal untuk menyemarakkan kegiatan (misalnya, gunakan
karakter terkenal, humor, perbandingan hingga persaingan, daya tarik seksual).
6.
Perintahkan tiap tim untuk
menyajikan gagasannya pujilah kreativltas semua siswa.
VARIASI
1.
Sebagai alternatif, perintahkan tiap tim untuk membuat ikian media
cetak, bukannya ikian TV. Atau, jika mungkin,
perintahkan mereka untuk benar-benar membuat iklan dengan menggunakan kamera
video.
2.
Perintahkan tim untuk
mengiklankan kemampuan mereka atau sekolah mereka, bukannya mata pelajaran.
6. Teman yang Kita Miliki
URAIAN SENGKAT
Kegiatan ini memperkenalkan gerak fisik dari
awal pelajaran dan membantu siswa lebih mengenal satu sama lain. Kegiatan ini
berlangsungcepat dan sangat menyenangkan.
PROSEDUR
1.
Buatlah daftar kategori yang
menurut anda cocok dalam kegiatan pengenalan bag siswa yang anda ajar. Kategori umumnya
meliputi:
·
Bulan kelahiran
· Orang yang menyukai/tidak menyukai.....(kenali preferensi semisal,
puisi, drama. ilmu pengetahuan, atau kornputer)
· Favorit (kenali segala benda atau barang, misalnya buku. lagu,
atau restoran cepat saji).
· Tangan mana yang digunakan untuk menulis.
· Wama sepatu.
· Kesetujuan atau ketidaksetujuan
terhadap pernyataan atau opini pada persoalan aktual (misalnya.. "Asuransi perawatan
kesehatan harus bersifat menyeluruh.")
Kita
juga dapat menggunakan kategori-kategori yang terkait langsung dengan mata pelajaran
yang kita ajarkan, misalnya:
·
Penulis favorit
·
Orang yang setuju/tidak setuju.... (kenali sebuah persoalan yang
terkait dengan topik pelajaran anda).
·
Orang yang tahu/tidak tahu siapa atau apa (kenali orang atau
konsep yang terkait dengan topik pelajaran anda)
2. Kosongkan sebagian ruang kelas agar siswa bisa bergerak lebihi
bebas.
3. Sebutkan satu kategori. Arahkan siswa untuk menempatkan secepat
mungkin orang-orang yang terkait dengan kategori yang diberikan. Sebagai
contoh, siswa yang kidal dan yang tidak kidal akan dipisah menjadi dua
kelompok, atau, mereka yang setuju dengan sebuah pernyataan akan dipisahkan
dari mereka yang tidak setuju. Jika kategorinya berisi lebih dari dua pilihan
(misalnya, bulan dari hari ulang tahun siswa), perintahkan siswa untuk
berkumpul dengan mereka yang bulan kelahirannya sama, yang dengan demikian akan
membentuk beberapa kelompok.
4. Ketika siswa telah membentuk regu yang pas, perintahkan mereka
untuk berjabat tangan dengan "teman yang mereka memiki". Perintahkan
semua untuk mengamati kira-kira berapa banyak orang dalam masing-masing
kelompok.
5. Beranjaklah segera ke
kategori berikutnya. Upayakan agar siswa terus bergerak dari satu kelompok ke
kelompok lain ketika anda mengumumkan kategori-kategori baru.
6.
Perintahkan seluruh siswa
untuk kembali ke tempat masing-masing. Diskusikan keragaman siswa yang terungkap dari
aktivitas itu.
VARIASI
1. Perintahkan siswa untuk
menempatkan seorang siswa yang berbeda dari mereka. jangan yang sama. Sebagai
misal, anda dapat meminta siswa menemukan teman yang memiliki mata/kulit/rambut
yang warnanya berbeda dengan mereka. (Bilamana terdapat jumlah yang tidak sama
dalam kategori yang berbeda, ijinkan lebih dari satu orang dari satu kelompok
untuk membentuk regu dengan seorang siswa dari kelompok lain.)
2. Perintahkan siswa untuk
mengajukan kategorinya.
0 komentar:
Posting Komentar